Kamis, 21 Juli 2011

CACHE

CACHE IN PROCESSOR

Cache adalah suatu memory yang digunakan pada processor .cache merupakan alat yang sangat berpengaruh dengan cepat lambatnya kerja cpu. Coba anda bayangkan apabila mikroprocessor tidak dilengkapi dengan memori cache bisa-bisa data yang belum dieksekusi cpu akan tertampung bertambah banyak bertambah lagi lalu berhenti total.
Di zaman sekarang cache terdapat sampai beberapa Level ada yang L1, L2,L3. Harga cache juga lebih mahal dari pada RAM. Cara mengetahui ciri-ciri cache adalah ketika anda membuka aplikasi saat komputer pertama kali nyala aplikasi tersebut sangat berat. Anda coba yang kedua kalinya aplikasi tersebut akan bertambah ringan dari pada yang pertama kali tadi. Jadi bisa juga cahe disebut penampung, penyimpan alamat data yang sudah dieksekusi oleh cpu. sehingga apabila alamat yang dituju user ke cpu sama, maka kerja cpu menjadi lebih ringan dan cepat karena alamatnya sudah diketahui oleh memory cache
Cache memory adalah memory berukuran kecil berkecepatan tinggi yang berfungsi untuk menyimpan sementara instruksi dan atau data (informasi) yang diperlukan oleh prosesor. Boleh dikatakan bahwa cache memory ini adalah memory internal prosesor. Cache memory ini berbasis SRAM yang secara fisik berukuran kecil dan kapasitas tampung datanya juga kecil atau sedikit.
Ukuran cache bermacam tetapi biasanya semakin bertambah L nya maka akan semakin besar kapasitas memorinya jadi memory L2 lebih besar dari L1,L3 lebih besar dari pada L2, kalau masalah kecepatan kebalikan dari kapasitas memory yaitu semakin berkurang L nya semakin cepat kecepatannya.jadi cache L1 lebih cepat dari L2, L2 lebih cepat dari L3.
BENTUK DAN LETAK MEMORY CACHE
Transfer data dari L1 cache ke prosesor terjadi paling cepat dibandingkan L2 cache maupun L3 cache (bila ada). Kecepatannya mendekati kecepatan register. L1 cache ini dikunci pada kecepatan yang sama pada prosesor. Secara fisik L1 cache tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. L1 cache adalah lokasi pertama yang diakses oleh prosesor ketika mencari pasokan data. Kapasitas simpan datanya paling kecil, antara puluhan hingga ribuan byte tergantung jenis prosesor. Pada beberapa jenis prosesor pentium kapasitasnya 16 KB yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu 8 KB untuk menyimpan instruksi, dan 8 KB untuk menyimpan data.
Tetapi sekarang cache L2 sudah ada yang diletakkan didalam processor. Sedangkan L3 cache belum diimplementasikan secara umum pada semua jenis prosesor. Hanya prosesor-prosesor tertentu yang memiliki L3 cache
Dalam mekanisme kerjanya, data yang akan diproses oleh prosesor, pertama kali dicari di L1 cache, bila tidak ada maka akan diambil dari L2 cache, kemudian dicari di L3 cache (bila ada). Jika tetap tidak ada, maka akan dicari di memori utama. Pengambilan data di L2 cache hanya dilakukan bila di L1 cahe tidak ada.

0 komentar:

Posting Komentar