Kamis, 21 Juli 2011

tips sehat....?!

1.hindari aspartam (pemanis buatan).
bahaya aspartam :
aspartam tertimbun dalam sel manusia dan dapat menyebabkan tumor otak dalam 70 minggu berturut-turut).pemakaian jangka panjang (
wanita memiliki kecenderungan lebih besar mendapatkan tumor otak setelah mengkonsumsi aspartam daripada laki-laki.
Aspartam dibuang dari dalam tubuh manusia cukup lama yaitu setelah 10 hari kalau tubuh anda sehat. jadi minimalisirlah pengonsumsian aspartam.
aspartam juga dapat memicu terjadinya epilepsi.
jangan mengonsumsi aspartam terutama pada saat kehamilan, sebab aspartam dapat menurunkan iq anak sebesar 10 point jika kadar aspartam dalam darah tinggi. jadi hindari aspartam jika tidak ingin anak anda menjadi bodoh.
Aspartam bisa menyebabkan kerusakan pada mata jika digunakan secara berlebihan dan jangka panjang aspartam banyak beredar di produk-produk makanan dan minuman (jus, minuman berenergi, susu diet, dll) dan masih diijinkan untuk digunakan di indonesia, jadi bacalah terlebih dahulu komposisi makanan dan minuman yang anda beli!!!.

Pada produk-produk makanan dan minuman yang mengandung aspartam biasanya tertera adi (acceptable daily intake/jumlah bahan yang boleh dikonsumsi tiap harnya) dari aspartam yaitu sebanyak 40 mg/kg berat badan, akan tetapi produk-produk makanan dan minuman tersebut tidak mencantumkan jumlah aspartam yang ditambahkan ke dalam produknya. jadi berhati-hatilah!!!

Jika anda memiliki makanan dan minuman favorit yang ternyata mengandung aspartam, maka anda bisa mengonsumsinya minimal 10 hari sekali (kalau tubuh anda sehat) setelah racun aspartam terbuang dari tubuh serta barengilah secara langsung saat anda mengonsumsi makanan/minuman yang mengandung aspartam ini dengan asam folat dan vitamin b12, sebab kedua zat ini dapat sedikit mencegah efek racun dari aspartam. asam folat dan vitamin b12 ini banyak terdapat dalam susu.

2.kurangi konsumsi monosodium glutamat/mononatrium glutamat(msg/micin)
bahaya micin:
micin dapat mematikan syaraf otak dan jika sering mengonsumsi micin maka bisa menyebabkan kejang dan kebodohan.
micin banyak terdapat dalam makanan seperti mi instan, makanan ringan yang gurih, dll. micin ini digunakan dalam makanan untuk memberikan rasa gurih dan enak.
jika anda memiliki makanan favorit yang mengandung micin, maka barengilah secara langsung saat anda mengonsumsi makanan yang mengandung micin ini dengan makanan yang mengandung protein. misalkan: anda sedang makan mi instan, maka makanlah mi instan dengan telur dan susu. protein ini dapat sedikit menghambat efek racun dari micin.
khusus untuk mi instan, anda boleh mengonsumsinya minimal 3-4 hari sekali. hoi arek kos-kosan ati-ati yooooo, ojo akeh-akeh nge-mie!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

3.konsumsi vitamin c yang baik
salah satu kegunaan vitamin c adalah untuk mencegah kerusakan sel tubuh dan menjaga fungsi sel.
anda hanya cukup mengonsumsi vitamin c tiap harinya sebesar 50 mg dan ini sama dengan anda memakan buah tomat ukuran sedang sebanyak 2 buah.
tubuh anda membutuhkan vitamin c lebih dari 50 mg tiap harinya jika :
anda memiliki aktivitas yang lebih banyak daripada hari-hari biasanya.
anda sedang sakit atau tidak enak badan.
anda hidup di daerah yang polusinya cukup tinggi, seperti di surabaya.
mengonsumsi vitamin c lebih dari 1000 mg tiap harinya bisa memicu kerusakan ginjal. kerusakan ginjal ini diperparah jika anda mengonsumsi kalsium dalam jumlah besar.

4.konsumsi kalsium yang baik
kebutuhan kalsium tiap harinya mencapai 1000 mg pada orang dewasa. kalsium banyak terdapat dalam susu, daging, dan telor.
kalsium berguna untuk pembentukan tulang dan gigi.
kekurangan kalsium dapat menyebabkan osteoporosis (tulang keropos). osteoporosis ini memudahkan tulang gampang patah (keropos). osteoporosis lebih banyak terkena pada wanita daripada pria.
konsumsi kalsium pada wanita dapat digunakan untuk mencegah

0 komentar:

Posting Komentar